Download AVATAR (2009) Subtitle Indonesia

Genre: Movie
Dilihat: 70 views

Film ini mengisahkan seorang mantan tentara yang lumpuh yang ditugaskan untuk menggunakan avatar demi menyelidiki suku asli di sebuah planet untuk mendapatkan sumber daya alam mereka.

Film epik fiksi ilmiah yang dibuat tahun 2009 disutradarai, ditulis dan diproduksi oleh James Cameron yang juga ikut mengeditnya. Avatar dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez, dan Sigourney Weaver.

Film ini hadir berkat kejeniusan James Cameron yang mulai mengembangkan film ini sejak tahun 1994. Saat itu Cameron menulis treatment film setebal 80 halaman.

Dia seharusnya sudah membuat film ini setelah film Titanic (1997) dan merilisnya tahun 1999, namun saat itu menurut Cameron, teknologi yang dia butuhkan belum tersedia untuk mencapai visinya mengenai film tersebut.

Dia lalu melanjutkan pekerjaan menggarap bahasa makhluk luar angkasa film tersebut pada 2005, skenario dan dunia Avatar dimulai pada 2006.

Seluruh produksi menelan biaya $237 juta, bahkan diperkirakan lebih besar lagi hingga menembus $300 juta jika dihitung dengan promosi.

Avatan yang tampil sebagai film stereoskopis disebut-sebut sebagai sebuah terobosan dalam dunia film. Memang banyak sekali teknik penangkapan gerak terbaru yang digunakan, termasuk juga teknologi terbaru.

Film ini hadir dalam berbagai format 3D (menggunakan format RealD 3D, Dolby 3D, XpanD 3D, dan IMAX 3D), dan untuk pengalaman “4D” di beberapa bioskop Korea Selatan.

Avatar ditayangkan perdana di London pada 10 Desember 2009, dan dirilis di Amerika Serikat pada 18 Desember yang menghasilkan ulasan positif. Para kritikus sangat memuji efek visualnya yang luar biasa.

Selama pertunjukan di bioskop, film ini memecahkan beberapa rekor box office dan menjadi film terlaris sepanjang masa, serta di Amerika Serikat dan Kanada, melampaui film Titanic yang juga dibuat oleh Cameron, yang telah menyimpan rekor selama dua belas tahun.

Hal ini juga menjadi film pertama yang menghasilkan lebih dari $2 miliar dan film terlaris tahun 2010 di Amerika Serikat. Avatar dinominasikan untuk sembilan Academy Awards, termasuk Best Picture dan Best Director, dan memenangkan tiga piala yakni Best Art Direction, Best Sinematography dan Best Visual Effects.

Menyusul keberhasilan film, Cameron menandatangani kontrak dengan 20th Century Fox untuk menghasilkan empat sekuel: Avatar 2 dan Avatar 3 saat ini sedang syuting, dan akan dirilis pada 17 Desember 2021, dan 22 Desember 2023.

Skuel berikutnya akan mulai syuting segera setelah mereka merilis dua film yang lain, dan akan dirilis pada 19 Desember 2025, dan 17 Desember 2027.  Beberapa anggota pemeran diharapkan untuk kembali, termasuk Worthington, Saldana, Lang, dan Weaver.

Bagaimana kisah film luar biasa ini? Simak sinopsis Avatar berikut ini.

Sinopsis

sinopsis avatar 2009

Film ini mengambil latar pertengahan abad ke-22, ketika manusia menjajah Pandora, bulan subur yang dapat dihuni dari raksasa gas dalam sistem bintang Alpha Centauri, untuk menambang mineral unobtanium, suhu kamar superkonduktor.

Perluasan koloni penambangan mengancam keberlangsungan keberadaan suku lokal Na’vi – spesies humanoid asli Pandora.

Istilah ‘Avatar’ mengacu pada tubuh Na’vi yang direkayasa secara genetis yang dioperasikan dari otak manusia yang terletak jauh yang digunakan untuk berinteraksi dengan penduduk asli Pandora.

Sinopsis AvatarJenis film: Fiksi Ilmiah Epik
Sutradara: James Cameron
Produser: James Cameron, Jon Landau
Penulis: James Cameron
Pemain: Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez, Sigourney Weaver
Penata musik: James Horner
Sinematografer: Mauro Fiore
Editor: Stephen Rivkin, John Refoua, James Cameron
Produksi: Lightstorm Entertainment, Dune Entertainment, Ingenious Film Partners
Distributor: 20th Century Fox[1]
Tanggal rilis: 10 Desember 2009 (London), 18 Desember 2009 (Amerika Serikat)
Durasi film: 161 menit
Negeri/Bahasa: Amerika Serikat / Inggris
Biaya: $237 juta + $9 million+ (re-release)[4]
Pendapatan box office: $2.788 miliar

Pemain – Karakter

  • Sam Worthington sebagai Jake Sully, mantan Marinir cacat yang menjadi bagian dari Program Avatar setelah saudara kembarnya terbunuh. Latar belakang militernya membantu para prajurit Na’vi berhubungan dengannya. Cameron melemparkan aktor Australia itu setelah pencarian di seluruh dunia untuk aktor-aktor muda yang menjanjikan, lebih suka yang relatif tidak diketahui untuk mempertahankan anggaran. Worthington, yang tinggal di mobilnya saat itu, mengikuti audisi dua kali lebih awal dalam pengembangan,  dan ia telah mendaftar untuk kemungkinan sekuelnya. Cameron merasa bahwa karena Worthington tidak memiliki film besar, ia akan memberikan karakter “kualitas yang benar-benar nyata”. Cameron mengatakan dia “memiliki kualitas menjadi seorang pria yang ingin minum bir, dan dia akhirnya menjadi pemimpin yang mengubah dunia”.
    Sam Worthington juga berperan sebagai saudara kembar almarhum Jake, Tom.
  • Stephen Lang sebagai Kolonel Miles Quaritch, kepala keamanan operasi penambangan. Karena sangat setia pada kode militernya, ia sangat mengabaikan penduduk Pandora yang terbukti dalam tindakan dan bahasanya. Lang gagal mengikuti audisi untuk peran dalam film Aliens (1986) yang dibuat oleh Cameron, tetapi sutradara ingat Lang dan mencarinya untuk Avatar.
  • Sigourney Weaver sebagai Dr. Grace Augustine, seorang ahli eksobiologi dan kepala Program Avatar. Dia juga mentor Sully dan penganjur hubungan damai dengan Na’vi, setelah mendirikan sekolah untuk mengajar mereka bahasa Inggris.
  • Michelle Rodriguez sebagai Trudy Chacón, seorang pilot tempur yang ditugaskan untuk mendukung Program Avatar yang bersimpati kepada Na’vi. Cameron ingin bekerja dengan Rodriguez sejak melihatnya di Girlfight.
  • Giovanni Ribisi sebagai Parker Selfridge, administrator perusahaan untuk operasi penambangan RDA. Meskipun pada mulanya dia bersedia untuk menghancurkan peradaban Na’vi untuk mempertahankan perusahaan, dia enggan untuk memberikan izin serangan terhadap Na’vi dan menodai citranya. Dia melakukannya hanya setelah Quaritch meyakinkannya bahwa itu perlu, dan serangannya akan manusiawi. Ketika serangan disiarkan ke pangkalan, Selfridge menampilkan ketidaknyamanan melihat kekerasan.
  • Joel David Moore sebagai Dr. Norm Spellman, seorang xenoanthropologis yang mempelajari kehidupan tumbuhan dan hewan sebagai bagian dari Program Avatar. Dia tiba di Pandora pada saat yang sama dengan Sully dan mengoperasikan avatar. Meskipun ia diharapkan untuk memimpin kontak diplomatik dengan Na’vi, ternyata Jake memiliki kepribadian yang lebih cocok untuk memenangkan rasa hormat penduduk asli.
  • Dileep Rao sebagai Dr. Max Patel, seorang ilmuwan yang bekerja di Program Avatar dan datang untuk mendukung pemberontakan Jake melawan RDA.
  • Zoe Saldana sebagai Neytiri, putri pemimpin Omaticaya (klan Na’vi yang menjadi pusat cerita). Dia tertarik pada Jake karena keberaniannya, meskipun frustrasi dengan dia untuk apa yang dia lihat sebagai kenaifan dan kebodohannya.
  • CCH Pounder sebagai Mo’at, pemimpin spiritual Omaticaya, ibu Neytiri, dan selir untuk pemimpin klan Eytukan.
  • Wes Studi sebagai Eytukan, pemimpin klan Omaticaya, ayah Neytiri, dan pasangan Mo’at.
  • Laz Alonso sebagai Tsu’tey, pejuang terbaik di Omaticaya. Dia adalah pewaris kepala suku. Di awal cerita film, ia bertunangan dengan Neytiri.

Review

Film ini mendapat ulasan positif. Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat 82% berdasarkan 303 ulasan, dengan rata-rata peringkat 7,4 / 10.

Kesepakatan di situs Rotten berbunyi, “Mungkin lebih mengesankan pada tingkat teknis daripada ceritanya, tetapi Avatar menegaskan kembali hadiah tunggal dari James Cameron dalam imajinatif, menyerap pembuatan film.”

Pada Metacritic – yang memberikan skor rata-rata 83 dari 100 berdasarkan 35 ulasan, yang menunjukkan “persetujuan universal”.

Jajak pendapat CinemaScore dilakukan selama akhir pekan pembukaan mengungkapkan nilai “A” pada skala A + ke F. Setiap demografi yang disurvei dilaporkan untuk memberikan ulasan. Jajak pendapat ini juga menunjukkan bahwa mereka yang disurvei pada umumnya menonton dalam format 3D.

Roger Ebert dari Chicago Sun-Times menyebut film itu “luar biasa” dan memberinya empat bintang dari empat. “Menonton Avatar, saya merasa sama seperti ketika saya melihat Star Wars pada tahun 1977,” katanya, menambahkan bahwa seperti Star Wars dan The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, film ini “bekerja dengan efek khusus generasi terbaru “dan film ini” bukan hanya hiburan yang sensasional, meskipun film ini begitu. Ini adalah terobosan teknis. Ia memiliki pesan ramah lingkungan dan anti-perang “.

AO Scott dari At The Movies juga membandingkan penayangannya terhadap film tersebut dengan pertama kali dia melihat Star Wars dan dia berkata “walaupun naskahnya sedikit … jelas,” itu “bagian dari apa yang membuatnya bekerja”.

Todd McCarthy dari Variety memuji film ini, dengan mengatakan “The King of the World mengarahkan pandangannya untuk menciptakan dunia lain sepenuhnya di Avatar, dan itu adalah tempat yang sangat layak untuk dikunjungi.”

Kirk Honeycutt dari The Hollywood Reporter memberi film itu ulasan positif, “Layarnya lebih hidup dengan lebih banyak aksi dan soundtrack muncul dengan musik yang lebih kuat daripada selusin sci-fi shoot-‘em-up yang ingin Anda sebutkan,” katanya.

Peter Travers dari Rolling Stone memberi Avatar peringkat tiga setengah bintang dari peringkat bintang empat dan menulis dalam ulasan cetaknya, “Itu memperluas kemungkinan apa yang bisa dilakukan film. Bakat Cameron mungkin sebesar impiannya.”

Majalah Richard Corliss dari Time mengira bahwa film itu adalah “penciptaan dunia fantasi yang paling jelas dan meyakinkan yang pernah dilihat dalam sejarah gambar bergerak.”

Kenneth Turan dari Los Angeles Times mengira film itu “kuat” pencapaian visual tetapi “dialog datar” dan “karakterisasi yang jelas”.

Tema sosial dan politik yang mendasari Avatar menarik perhatian. Armond White dari New York Press menulis bahwa Cameron menggunakan “karakter Amerika yang jahat” untuk “menggambarkan militerisme, kapitalisme, dan imperialisme”.

Russell D. Moore dari The Christian Post menyimpulkan bahwa “propaganda ada dalam film” dan menyatakan “Jika Anda bisa membuat teater penuh dengan orang-orang di Kentucky untuk berdiri dan bertepuk tangan atas kekalahan negara mereka dalam perang, maka Anda harus punya beberapa yang efek khusus yang menakjubkan.

Beberapa komentator yang bersimpati pada anarko-primitivisme bahkan memuji film tersebut sebagai manifesto untuk tujuan mereka. Adam Cohen dari The New York Times lebih positif tentang film itu, menyebut pesan anti-imperialisnya “versi kolonial Amerika abad ke-22 vs Inggris, India vs Raj, atau Amerika Latin vs United Fruit”.

Ross Douthat dari The New York Times berpendapat bahwa film ini adalah “permintaan maaf panjang Cameron untuk panteisme […] Agama pilihan Hollywood untuk satu generasi sekarang”, sementara Saritha Prabhu dari The Tennessean menyebut film itu “penggambaran keliru dari panteisme dan spiritualitas Timur secara umum “, dan Maxim Osipov dari The Hindustan Times, sebaliknya, memuji pesan film tersebut atas konsistensi keseluruhannya dengan ajaran-ajaran Hindu dalam Bhagavad Gita.

Miranda Devine dari The Sydney Morning Herald berpikir bahwa “mustahil untuk menonton Avatar tanpa dipukul kepalanya dengan palu ideologis sutradara. ”

Trailer

Plot

Pada tahun 2154, manusia telah menghabiskan sumber daya alam Bumi, yang mengarah ke krisis energi yang parah. Administrasi Pengembangan Sumber Daya (RDA), tambang untuk mineral berharga – unobtanium – di Pandora, bulan layak huni yang dihuni hutan yang mengorbit raksasa gas Polyphemus dalam sistem bintang Alpha Centauri.

Pandora, yang atmosfernya beracun bagi manusia, dihuni oleh Na’vi, spesies 10-kaki (3,0 m), humanoids sapient berkulit biru, yang hidup selaras dengan alam dan menyembah dewi ibu bernama Eywa.

Untuk menjelajahi biosfer Pandora, para ilmuwan menggunakan hibrida Na’vi-manusia yang disebut “avatar”, yang dioperasikan oleh manusia yang cocok secara genetis; Jake Sully, mantan Marinir lumpuh, menggantikan saudara kembarnya yang identik yang sudah meninggal sebagai operator satu.

sinopsis avatar james cameron

Grace Augustine, kepala Program Avatar, menganggap Sully pengganti yang tidak memadai tetapi menerima tugasnya sebagai pengawal.

Sambil melindungi avatar Grace dan sesama ilmuwan Dr. Norm Spellman ketika mereka mengumpulkan data biologis, avatar Jake diserang oleh seorang penduduk dan melarikan diri ke hutan, tempat ia diselamatkan oleh Neytiri, seorang wanita Na’vi.

Menyaksikan tanda keberuntungan, dia membawanya ke klannya, dimana ibu Neytiri Mo’at, pemimpin spiritual klan, memerintahkan putrinya untuk menginisiasi Jake ke dalam masyarakat mereka.

Kolonel Miles Quaritch, kepala pasukan keamanan swasta RDA, menjanjikan Jake bahwa perusahaan akan memulihkan kakinya jika ia mengumpulkan informasi tentang Na’vi dan tempat berkumpulnya klan, pohon raksasa bernama Hometree, yang berdiri di atas deposit terkaya unobtanium di daerah tersebut.

Ketika Grace mengetahui hal ini, ia memindahkan dirinya, Jake, dan Norm ke pos terdepan. Selama tiga bulan berikutnya, Jake perlahan bersimpati dengan penduduk asli.

Setelah Jake diinisiasi ke dalam suku, ia dan Neytiri memilih satu sama lain sebagai pasangan, dan segera setelah itu, Jake mengungkapkan perubahan kesetiaannya ketika ia mencoba untuk menonaktifkan buldoser yang mengancam untuk menghancurkan situs suci Na’vi.

Ketika Quaritch menunjukkan rekaman video serangan Jake pada buldoser ke Administrator Parker Selfridge, dan yang lainnya di mana Jake mengakui bahwa Na’vi tidak akan pernah meninggalkan Hometree, Selfridge memerintahkan Hometree dihancurkan.

Meskipun argumen Grace bahwa menghancurkan Hometree dapat merusak jaringan saraf biologis asli Pandora, Selfridge memberi Jake dan Grace satu jam untuk meyakinkan Na’vi untuk mengungsi sebelum memulai serangan.

Saat mencoba memperingatkan Na’vi, Jake mengaku sebagai mata-mata, dan Na’vi menangkapnya dan Grace ditawan. Melihat ini, pasukan Quaritch menghancurkan Hometree, membunuh ayah Neytiri (kepala klan) dan banyak lainnya.

Mo’at membebaskan Jake dan Grace, tetapi mereka terlepas dari avatar mereka dan dipenjara oleh pasukan Quaritch. Pilot Trudy Chacón, jijik dengan kebrutalan Quaritch, membebaskan Jake, Grace, dan Norm, dan menerbangkan mereka ke pos terdepan Grace, tetapi selama pelarian Quaritch menembak ke arah mereka dan mengenai Grace.

Untuk mendapatkan kembali kepercayaan Na’vi, Jake menghubungkan pikirannya dengan Toruk, seorang pemangsa seperti naga yang ditakuti dan dihormati oleh Na’vi.

Jake menemukan para pengungsi di Pohon Jiwa yang suci dan memohon Mo’at untuk menyembuhkan Grace. Klan mencoba untuk mentransfer Grace dari tubuh manusianya ke dalam avatarnya dengan bantuan Pohon Jiwa, tetapi ia meninggal sebelum prosesnya dapat diselesaikan.

Didukung oleh kepala baru Tsu’tey, Jake berbicara untuk menyatukan klan dan memberitahu mereka untuk mengumpulkan semua klan untuk berperang melawan RDA. Melihat serangan yang akan datang, Quaritch melakukan serangan terhadap Pohon Jiwa.

Dia percaya bahwa kehancuran Pohon Jiwa akan menurunkan moral penduduk asli. Menjelang pertempuran, Jake berdoa ke Eywa, melalui koneksi saraf dengan Pohon Jiwa, untuk meminta pertolongan.

Selama pertempuran berikutnya, Na’vi menderita banyak korban, termasuk Tsu’tey dan Trudy; tetapi diselamatkan ketika satwa liar Pandora tiba-tiba bergabung ikut menyerang dan membanjiri manusia, yang ditafsirkan Neytiri sebagai jawaban Eywa atas doa Jake.

Jake menghancurkan seorang pembom darurat sebelum dapat mencapai Pohon Jiwa; Quaritch, mengenakan setelan AMP, melarikan diri dari pesawatnya sendiri yang rusak dan membuka unit penghubung avatar yang berisi tubuh manusia Jake, memaparkannya ke atmosfer beracun Pandora.

Link Download Download AVATAR (2009) Subtitle Indonesia:
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare