Foxtrot Six (2019)

Foxtrot Six (2019)

Tahun: Durasi: 114 MenitDilihat: 446 views
3 voting, rata-rata 7,3 dari 10

Foxtrot Six bisa dengan mudah menjadi salah satu film aksi terbaik di Indonesia. Mulai dari karakter, tema yang diangkat, CGI yang tidak terlalu mengecewakan, hingga aksi yang mendebarkan menjadi nilai positif yang bisa ditemui dalam film ber-budget Rp 90 Miliar ini. Namun sayang, semua kelebihan, bahkan hal yang mengagumkan dari film ini tidak menyatu dengan baik karena plot dan cerita yang masih kasar.

Foxtrot Six merupakan salah satu film yang paling ditunggu awal tahun ini setelah dilabeli ‘film aksi Indonesia dengan rasa Hollywood‘ karena diproduseri oleh salah satu nama besar dari Negeri Paman Sam. Yap, Mario Kassar mendapatkan namanya sebagai produser di balik tiga seri RamboTerminator 2: Judgement Day hingga Basic Instinct.

review film Foxtrot Six
via MD Entertainment

Dipenuhi oleh aktor dan aktris Indonesia yang sudah wara-wiri di berbagai film terutama film aksi menjadi salah satu kekuatannya. Mulai dari Oka Antara dan Julie Estelle yang menjadi pemeran utama hingga peran pembantu Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Mike Lewis, Arifin Putra hingga Verdy Sulaiman. Mereka adalah pasukan penegak keadilan yang siap untuk memerdekakan Indonesia (dalam film ini) yang dikuasai oleh para elit yang korup.

Tema Foxtrot Six yang sangat Indonesia

Indonesia tahun 2031, kekeringan dan bencana menjadikan makanan sebagai komoditas penting, mengalahkan minyak. Dan karena itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang siap untuk menjadi lumbung pangan dunia. Namun di dalam negeri sendiri, masih banyak penduduk Indonesia yang tinggal di bawah garis kemiskinan karena para petinggi yang korup. Dan cerita ini berpusat pada Angga (Oka Antara), anggota dewan mantan marinir yang menemukan Sari (Julie Estelle), wanita yang dicintainya bergabung dengan pasukan pemberontak.

ulasan film Foxtrot Six
via MD Entertainment

Adegan aksi menjadi jualan paling depan dalam film yang berdurasi 1 jam 54 menit ini. Bahkan, para pemerannya pun juga menjalani latihan militer, tidur di bootcamp, dan mengikuti semua jadwal militer untuk film ini. Maka tak heran jika semua adegan pertarungan jarak dekat terlihat sangat nyata. Walaupun beberapa logika masih dipertanyakan ketika pertarungan jarak jauh memakai pistol, adegan aksi penuh darah layaknya The Raid mengiringi cerita dari awal hingga akhir.

Tema yang disuguhkan juga sangat tidak jauh dari keadaan Indonesia saat ini. Keadaan di mana Indonesia “dipimpin oleh petinggi yang korup serta kelaparan yang menghantui sebagian besar penduduk Indonesia” menjadi ancaman terbesar negeri ini. Tema yang tepat dengan tahun politik dan ketika perhatian semua orang sudah teralihkan pada situasi politik yang semakin memanas.

Foxtrot Six
via MD Entertainment

Dibuat di Indonesia dan sepenuhnya memakai karakter asli Indonesia, perbedaan terlihat ketika bahasa yang digunakan sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Sebelumnya, sang produser Mario Kassar mengungkapkan penggunaan bahasa internasional ini dilakukan agar film ini bisa lebih mudah diterima di pasar yang lebih besar. Lucunya, beberapa kejanggalan terlihat dari subtitle yang tidak penuh atau bahkan terlihat seperti subtitle film bajakan. Untuk sekelas film bioskop dalam negeri, hmmm, kok bisa ya?

Satu kelemahan besar

Tetapi semua keunggulan di atas seakan tidak bisa menutupi hilangnya inti, yaitu alur yang dinamis dalam bercerita. Cerita yang diberikan terkesan terburu-buru. Setelah opening sequence, kita seakan disusupi dengan kedaan Indonesia yang semakin buruk serta pasukan pemberontak yang siap melawan tirani penguasa. Semua itu diberikan dari awal hingga pertengahan film. Perkenalan lebih dalam dari karakter juga seakan dikorbankan untuk menghindari durasi berlebihan.

Cerita dari awal hingga konflik mencapai akhir kurang bisa dinikmati. Waktu yang cukup singkat dengan banyaknya informasi dan adegan aksi yang diberikan membuat film ini seakan kehilangan emosinya. Penonton digiring pada konflik cerita tanpa diberi waktu untuk menghela nafas dan berempati. Jika pun bisa, itu karena para aktor dan aktris di dalamnya mampu memberikan penampilan dan penokohan dengan baik.

Link Download Foxtrot Six (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare