Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

Genre: Drama
Kualitas: Tahun: Durasi: 113 MenitDilihat: 1.242 views
3 voting, rata-rata 8,8 dari 10

Imperfect berawal dari rasa insecure Meira Anastasia dalam perjalanannya sebagai istri Ernest Prakasa. Dari rasa kurang tersebut, Imperfect bukan hanya menjelma menjadi sebuah buku laris, tapi juga jadi tontonan manis di penghujung akhir tahun. Film Imperfect menjadi film kelima dari Ernest Prakasa yang tayang mulai 19 Desember 2019.

Menceritakan Rara (Jessica Mila) yang terlahir gemuk dan sawo matang mengikuti gen ayahnya. Berbeda dengan adiknya, Lulu (Yasmin Napper), yang lahir mengikuti gen ibunya, Debby (Karina Suwandi) dengan tubuh bak model. Sehari-hari, Rara tebal kuping atas apa yang diucapkan orang-orang kepadanya. Ditambah, sang kekasih, Dika (Reza Rahadian), yang mencintai apa adanya.

Suatu hari, Rara berpeluang untuk naik jabatan di kantornya, perusahaan kosmetik. Namun, bos Rara, Kelvin (Dion Wiyoko), mengharuskan Rara untuk mengubah total penampilannya. Berhasilkah Rara membuktikan?

Mengantarkan Isu Berat dengan Cara yang Hangat

Maraknya bullying dan body shaming, terutama di media sosial, dianggap Meira dan Ernest sebagai momen yang tepat untuk mengangkat buku Imperfect ke layar lebar. Film yang berjudul lengkap Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan ini bukan sekadar memindahkan bukunya mentah-mentah ke layar lebar, tapi sebagai alat komunikasi soal penerimaan diri.

Menariknya, untuk menghadirkan kisah yang dekat dengan realita, diciptakanlah karakter Rara yang mengalami bullying atau body shaming dari lingkungan di sekitarnya. Yap, berbeda dengan bukunya yang menceritakan perjalanan Meira sebagai seorang istri Ernest Prakasa yang kurang memenuhi ekspektasi netizen.

Review Film Imperfect

Dok. Starvision

Film yang skenarionya digarap oleh Ernest dan Meira ini berhasil menyampaikan isu berat jadi ringan dan hangat. Bisa dibilang, film ini bukan hanya menghibur, tapi juga utuh dengan pesan kaya dan apik.

Enggak heran, jika bagi Ernest, film ini berikan tantangan fisik dan mental yang enggak main-main. Soalnya, selain teknis yang rumit, seperti transformasi Jessica Mila, juga butuh ketelitian dalam menyampaikan cerita. Hebatnya, Ernest dan Meira bisa menenunnya dengan indah dan memuaskan.

Komedi Hati-hati tapi Selalu Ngena

Review Film Imperfect

Dok. Starvision

Film Ernest Prakasa yang selalu penuh komedi sebagai signature karyanya, justru menjadikannya sebagai tantangan berat di film ini. Soalnya, bobot cerita yang berat dan ditambah komedi, harus dibangun hati-hati biar enggak menyinggung. Yap, ini pun jadi tugas berat Muhadkly Acho sebagai konsultan komedi film Imperfect.

Dalam film Imperfect banyak ruang yang bagus untuk jadi lahan komedi. Acho, Meira, dan Ernest mesti pilih bagian mana yang ‘aman’, seperti jokes tentang body shaming. Mereka enggak membicarakan body shaming di film, tapi lebih memaparkan realita yang terjadi di sekitar bahwa body shaming itu ada. Usaha Acho yang detail buat bit-bit komedinya pun membuahkan hasil.

Sayangnya, beberapa punchline enggak terasa surprise lagi karena telah ditampilkan di trailernya. Seakan pengulangan, kelucuan yang hadir enggak se-ngakak pertama kalinya.

Bukan soal Antagonis atau Protagonis

Ernest enggak menempatkan para karakter berada di protagonis atau antagonis. Yap, seperti manusia yang enggak bisa dibilang baik atau jahat. Semua tergantung cara pandang dan perilakunya.

Rara misalnya, dia rela dirisak, tapi setelah bisa berubah, sifatnya pun berubah. Ibunya Rara yang tiap hari melarang Rara makan cokelat, ternyata punya trauma di masa lalu yang membentuknya. Lulu, adik Rara yang terlihat sempurna, ternyata enggak beda jauh menderita seperti Rara. Yap, cara Ernest memperlakukan para karakter bisa dibilang brilian.

Review Film Imperfect

Dok. Starvision

Selain Ernest, Acho, dan Meira yang memikul beban berat, Jessica Mila yang dipercaya memerankan Rara pun merasakan demikian. Dalam filmnya, kita bisa melihat perubahan bentuk tubuh Mila.

Selain harus menaikkan berat tubuhnya hingga 10 kilogram, Mila juga harus melewati proses make-up selama dua jam setiap harinya untuk menghadirkan sosok Rara seperti yang ada di film. Kerja keras Mila terbukti sukses saat teaser poster dan teaser trailer diluncurkan dan mengundang komentar positif dari para netizen.

Sosok Rara yang kurang sempurna diciptakan menjadi potret keseharian para cewek yang sering merasa insecure dan belum tahu cara memulai untuk sayang dengan diri sendiri. Tokoh Rara juga merepresentasikan perilaku sebagian cewek dalam menggunakan media sosial: membandingkan dirinya dengan orang lain yang terlihat sempurna.

Review Film Imperfect

Dok. Starvision

Ditambah, karena fisiknya, dia sering terkena perisakan verbal dari orang lain. Untungnya, Jessica Mila berhasil tampilkan tokoh Rara sebagai tempat para cewek untuk bercermin untuk menemukan versi terbaik dari dirinya sendiri.

Jika memang Meira dan Ernest mengeluarkan effort lebih untuk mentransformasikan Mila, hal itu terbayar lunas. Total 29 hari shooting, belum termasuk 1 bulan lebih untuk Mila menaikkan berat badan hampir 10 kilogram, dan 1 bulan lagi untuk menurunkan lagi beratnya. Lalu make-up dan wardrobe khusus saat Mila menjelma menjadi Rara pun enggak sia-sia. Mila sekali lagi naik level!

Selain itu, adanya Reza Rahadian sebagai Dika, kekasih Rara, pun enggak bikin sosok Rara hilang pesona. Reza sekali lagi keluar dari zona nyaman, menjadi karakter pendukung dan cowok biasa. Enggak hanya sebagai pemain, aktor kelahiran 1987 ini turut mengisi soundtrack dengan menyumbangkan lagu “Tak Harus Sempurna” yang dia tulis sendiri. Lagu ini bercerita mengenai Rara dan masalahnya dari sudut pandang Dika.

Review Film Imperfect

Dok. Starvision

Lalu, ada Shareefa Danish yang bikin jatuh hati sang filmmaker. Shareefa dipilih karena dirinya pernah merasa enggak percaya diri mengenai wajahnya yang kerap dibilang aneh. Masalah personal yang dia rasakan, membawanya berakting natural. Perbedaan usia dengan Mila pun, enggak membuatnya jarak pada sang tokoh utama.

Link Download Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare