Koboy Kampus (2019)

Koboy Kampus (2019)

Genre: Drama, Komedi, Musik
Kualitas: Tahun: Durasi: 92 MenitDilihat: 54 views
1 voting, rata-rata 5,0 dari 10

Pidi Baiq yang terkenal dengan novel Dilan serta celetukan yang tak biasa akhirnya meluncurkan film biografinya berjudul Koboy Kampus. Dalam film yang mengisahkan tentang masa-masa kuliah Pidi serta terciptanya Negara Kesatuan Republik Panas Dalam hadir dengan komedi yang absurd khas novel Drunken Series yang ditulis Pidi sendiri.

Dengan musikalitas yang hampir sama, Pidi Baiq sendiri yang mendapuk Jason Ranti untuk memerankan dirinya dalam biopik absurd ini. Awalnya merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh Pidi Baiq sendiri bersama band The Panas Dalam, film Koboy Kampus juga dipenuhi oleh bintang-bintang muda Tanah Air, seperti Ricky Harun, Danilla Riyadi, Bisma Karisma, hingga Viny JKT48.

cerita dalam film Koboy Kampus
via MNC Pictures

Dijelaskan oleh Pidi Baiq sendiri, film ini merupakan representasi dari masa mudanya di Institut Teknologi Bandung. Penuh dengan permasalahan masa remaja, dengan setting pada akhir masa Orde Baru. Tema-tema persahabatan, akademis, demonstrasi mahasiswa yang marak dilakukan pada masa itu, serta seperti biasa, masalah percintaan menjadi garis besar yang diberikan.

Tema dan dialog nasionalis

Film Koboy Kampus menceritakan tentang asal usul Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam yang didirikan oleh Pidi dan teman-temannya ketika berkuliah di Fakultas Seni Ruang dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB). Hadirnya negara yang disebut terpisah dari NKRI sendiri menjadi salah satu tema yang diangkat.

review film Koboy Kampus
via MNC Pictures

Mulai dari kritik yang disampaikan dalam bentuk dialog, tidak hanya mengenai masa pemerintahan Orde Baru, tapi juga bisa diimplementasikan hingga saat ini. Beberapa dialog dengan jenaka menyindir mahasiswa serta pemerintahan bisa ditemukan dari awal hingga akhir.

Tema nasionalis memang menjadi bagian besar dalam Koboy Kampus. Semuanya bermuara dalam konsep dimana semua orang yang ada di dalam NKR The Panasdalam berbeda dalam hal keyakinan, tapi tetap bersatu untuk satu tujuan. Dan tema ini juga diakhiri dengan apik pada adegan terakhir yang bisa membuat merinding.

Komedi absurd khas Surayah

Bukan Pidi Baiq namanya jika tidak menyelipkan berbagai komedi absurd nan (kadangkala) receh namun cerdas. Bayangkan jika Dilan masuk kuliah dan akhirnya menjadi lebih nyeni dibandingkan sebelumnya, maka Pidi Baiq-lah karakternya. Seperti pada sketsa yang ditampilkan oleh Pidi Baiq dan ibunya mengingatkan kita pada karakter Dilan dan ibunya Milea.

Ricky Harun, Bisma Karisma, dan Jason Ranti
via MNC Pictures

Sama seperti lirik-lirik lagu The Panasdalam Bank yang nyeleneh, menjunjung tinggi logika dan permainan kata, dialog-dialog yang terdapat pada film ini dari awal hingga akhir menggambarkan kehidupan Pidi yang penuh narasi unik.

Karya Pidi Baiq selalu memiliki daya tarik sendiri. Mulai dari narasi yang lekat dengan nostalgia, bukan hanya bagi mereka yang berkuliah di zaman Orde Baru, tapi juga bagi mereka yang pernah merasakan masa-masa bersenda gurau di kampus hingga lupa waktu. Semuanya dipadukan dengan komedi yang seringkali datang tanpa diduga.

Pidi Baiq atau Jason Ranti

Seperti Iqbal Ramadhan dalam film Dilan, Jason Ranti yang memerankan Pidi Baiq dipilih langsung oleh sang sutradara sendiri. Untuk film Koboy Kampus ini, Surayah menyebutkan bahwa karakter Jeje sudah menggambarkan Pidi Baiq sewaktu kuliah dengan rambut gondrongnya.

Link Download Koboy Kampus (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare