Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Kualitas: Tahun: Durasi: 106 MenitDilihat: 136 views
8 voting, rata-rata 7,4 dari 10

Ketika dikabarkan Joko Anwar menggarap film horor lagi, enggak sedikit pencinta film Indonesia yang penasaran dan enggak sabar nunggu. Akhirnya, naskah yang udah dipersiapkan Joko Anwar selama 10 tahun ini bisa ditonton di layar lebar berjudul Perempuan Tanah Jahanam yang tayang mulai 17 Oktober 2019.

Film Perempuan Tanah Jahanam menceritakan perempuan kota yang kembali ke daerah asal. Ternyata, penduduk di kampung halamannya telah lama mencari dirinya demi mengakhiri kutukan di sana.

Dini (Marissa Anita) menemani Maya (Tara Basro) ke kampung halaman untuk mendapatkan hak waris tanah keluarga Maya. Sayang, desa yang mereka kunjungi bukan desa biasa. Berhasilkah Maya menghentikan kutukan dan keduanya keluar dari desa menyeramkan tersebut?

Drama Gore Keluarga yang Jahanam

Dok. Rapi Films

Mulai dari poster teaser, poster resmi, cuplikan teaser, sampai trailernya, kita disuguhkan dengan sebuah tontonan yang akan menguras “emosi”. Ya, bukan hanya merasa simpati dengan para karakter, tapi juga merasa kesal dengan atmosfer dan jump scare yang sukses bikin parno.

Sebagai informasi, Perempuan Tanah Jahanam punya judul dalam Bahasa Inggris, yaitu Impetigore. Berasal dari kata “impetigo” yang berarti penyakit kulit, dan “gore” yang berarti kekerasan atau darah. Nah, dari judulnya aja udah bisa kebayang “jahanam-nya” film ini.

Dok. Rapi Films

Mengingat naskahnya udah disiapkan sejak lama, rasanya banyak yang optimis dengan adanya film Perempuan Tanah Jahanam untuk mendongkrak lagi kemajuan film Indonesia, khususnya horor. Apalagi, kembalinya Joko ke film horor menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Soal dialog, Joko masih konsisten dengan kata-kata lugas yang sesuai realita. Gaya ceplas-ceplos dengan sekuens yang to-the-point jadi khas atas film-filmnya. Bukan hanya kata-kata kasar, jujur, dan apa adanya, beberapa adegan yang dianggap vulgar pun bisa bikin penonton bergidik ngeri.

Sejujurnya, film yang bergenre supranatural psychological horor ini punya plot layaknya drama biasa. Bahkan enggak ada horor-horornya. Hebatnya, Joko bisa membalutnya dengan kengerian dan mentranformasikan “mimpi buruknya” ke penonton bahkan sejak adegan awal.

Bukan bermaksud melebihkan, rasanya enggak banyak sutradara dan pemain yang bisa mengeksplorasi peran sampai keluar dari zona nyaman. Dalam Perempuan Tanah Jahanam, para pemain menampilkan akting yang patut diacungi jempol.

Tara Basro sebagai Maya sekali lagi membuktikan bahwa dirinya bukan “aktris kaleng-kaleng”. Lewat ekspresi dan emosinya, penonton bisa merasakan efek psikologi yang dialami Maya sepanjang film.

Dok. Rapi Films

Kemudian, Marissa Anita sebagai Dini sukses tampil sebagai pemeran pendukung yang aktingnya cuma bikin penonton geleng-geleng kepala. Bukan buruk, melainkan karena Joko bisa mengarahkannya menjadi “segila” itu.

Selain itu, ada Christine Hakim sebagai Nyi Misni yang benar-benar keluar dari zona nyaman. Di film produksi Rapi Films ini, Christine pertama kalinya bintangi film horor dan pertama kalinya menjadi antagonis. Aktingnya patut diberi standing ovation, karena hanya sepatah dan dua patah kata darinya bisa bikin merinding.

Link Download Perempuan Tanah Jahanam (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare