Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ratu Ilmu Hitam (2019)

Kualitas: Tahun: Durasi: 99 MenitDilihat: 116 views
2 voting, rata-rata 8,3 dari 10

Menceritakan tiga anak panti beserta keluarganya: Hanif (Ario Bayu), Jefri (Miller Khan), dan Anton (Tanta Ginting), untuk menjenguk pemilik panti, Pak Bandi (Yayu Unru). Namun, satu per satu dari mereka mengalami keganjilan yang tak kunjung reda, hingga mereka harus menghadapi kengerian yang telah menunggunya di panti.

Duet Pas Kimo dan Joko

Harus diakui, hype film Ratu Ilmu Hitam enggak sebesar film yang ditulis Joko Anwar sebelumnya, Perempuan Tanah Jahanam yang jadwal tayangnya beda 3 minggu. Begitu juga dengan trailernya yang kurang menampilkan greget film aslinya pada 1981.

Secara mengejutkan, film berdurasi 1 jam 40 menit ini tampil dengan eksekusi yang maksimal. Kimo Stamboel sebagai sutradara pun bisa menggabungkan benang merah dari film aslinya, tanpa mengubah substansi. Ya, soal ilmu hitam, dendam, dan fitnah.

Review Ratu Ilmu Hitam

Dok. Rapi Films

Tiga hal tersebut diramu apik dengan naskah “liar” Joko Anwar, termasuk unsur klasiknya yang seakan menghubungkan 38 tahun sejak film aslinya dirilis. Keduanya, sama-sama tampil mematikan. Kengerian tersaji apik tanpa harus maksa.

Reboot yang menghormati materi aslinya, Ratu Ilmu Hitam diramu dengan konteks yang sesuai zaman. Penonton sejak awal dituntun untuk mencari sumber santet yang bikin kita menduga-duga siapa Ratu Ilmu Hitam sebenarnya.

Walaupun dengan latar yang lebih modern, Kimo tetap sempat berkonsultasi dengan orang yang memiliki kemampuan indra keenam. Sutradara yang pernah menggarap film Rumah Dara (2009) ini juga banyak riset soal praktik ilmu hitam dan hal-hal yang berbau spiritual lainnya.

Review Ratu Ilmu Hitam

Dok. Rapi Films

Hasilnya, Kimo menginterpretasikannya dalam berbagai metode, seperti santet dari jarak jauh yang bisa mengendalikan pikiran seseorang. Parahnya, Kimo tega membombardir kengerian tersebut tanpa jeda. Efeknya, badan bisa lemas setelah filmnya selesai.

Layaknya label pada karya-karya lainnya, Joko dan Kimo memberi misteri di akhir cerita yang bikin penonton menduga-duga apa yang terjadi selanjutnya.

Pembangunan Karakter yang Relate

Banyak tokoh perempuan dalam Ratu Ilmu Hitam yang sejak awal penonton disuruh menebak siapa sang ratu sebenarnya. Sampai-sampai, kita berprasangka pada beberapa orang. Pengembangan karakter pun dibangun pelan-pelan hingga menuntun kepada sang ratu.

Semua pemain tampil secara pas dan seimbang. Enggak ada yang rebutan scene atau jadi pemain yang paling mencuri perhatian. Bahkan, sosok ratu yang ditunggu-tunggu pun enggak jadi yang paling mengerikan.

Review Ratu Ilmu Hitam

Dok. Rapi Films

Sayangnya, ada beberapa tokoh yang kurang dieksplorasi, seperti Ari Irham sebagai Sandi, Ade Firman Hakim sebagai Maman, dan Shenina Cinnamon sebagai Rani.

Lebih banyak tokoh perempuan seperti Nadya (Hannah Al Rashid), Dina (Zara JKT48), Lina (Salvita Decorte), Eva (Imelda Therinne), Siti (Sheila Dara Aisha), Murni (Putri Ayudya), Rani (Shenina Cinnamon), dan Ibu Mirah (Ruth Marini). Bukan tanpa sebab, kehadiran mereka sempurna menggambarkan kecurigaan dan nuansa jahanam.

Review Ratu Ilmu Hitam

Dok. Rapi Films

Menariknya lagi, Kimo dan Joko membawa tokoh yang relate dengan sekitar, seperti tokoh yang fobia bakteri alias kemana-mana harus semprot antiseptik. Lalu, tokoh yang sudah langsing, tapi masih mau diet, karena selalu berpikir dirinya gemuk. Kemudian tokoh yang merasa populer karena jumlah followers Instagram.

Link Download Ratu Ilmu Hitam (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare