Rumah Merah Putih (2019)

Rumah Merah Putih (2019)

Genre: Drama
Kualitas: Tahun: Durasi: 96 MenitDilihat: 155 views
1 voting, rata-rata 7,0 dari 10

Film Rumah Merah Putih menandai comeback-nya Alenia Pictures di dunia perfilman setelah lima tahun lalu bikin film Seputih Cinta Melati (2014). Digarap Ari Sihasale dan diproduseri oleh Nia Zulkarnaen, rilisnya film ini pas di momen liburan, mengingat, klasifikasi “Semua Umur” yang diterima film ini.

Menceritakan persahabatan Farel Amaral dan Oscar Lopez yang tinggal di perbatasan NTT – Timor Leste. Berawal dari satu minggu menjelang perayaan 17 Agustus ketika kaleng cat merah putih milik Farel hilang.

Takut dimarahi orangtua, Oscar membantu Farel mengumpulkan uang untuk menggantinya. Masalah enggak sampai di situ, cat yang dibeli pun salah warna. Berhasilkah dua sahabat tersebut mendapatkan cat merah putih sebelum perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia?

Visualisasi Mata Pelajaran PKn

film rumah merah putih Dok. Alinea Pictures

Sebelum nonton, kalian enggak perlu taruh ekspektasi apa pun terhadap film ini. Pertama, karena ini film untuk semua usia, dan kedua karena ceritanya benar-benar sederhana.

Sejak awal film dimulai, kalian udah disuguhkan adegan dan dialog yang kerap diajarkan dalam pendidikan karakter. Ketika ada hal negatif yang ditampilkan, langsung dibalas dengan hal positif. Misal, ketika ada anak yang menghasut berbuat buruk, ada anak lain yang mencegahnya.

film rumah merah putih Dok. Alinea Pictures

Enggak hanya dari perbuatan, pendidikan karakter yang diberikan film Rumah Merah Putih juga lewat perkataan yang berulang-ulang soal nasionalisme. Ya, semua kebaikan yang ada di buku PKn ada di film ini. Bahkan, jika film ini udah turun layar, bisa panjang umur untuk tayang di sekolah-sekolah.

Bisa jadi karena film ini dapat klasifikasi “Semua Umur”, konflik yang ditampilkan enggak dalam. Banyak konflik yang ditampilkan dengan solusi permukaan.

rumah merah putih Dok. Alinea Pictures

Padahal, kalau hanya satu konflik, misal soal perjuangan cat merah putih atau perjuangan mereka mengembalikan dompet. Tampaknya, akan lebih dalam dan ngena.

Begitu juga, soal panjat tiang bendera yang kurang di-tease. Aslinya, bocah yang viral karena memanjat tiang bendera, ‘kan, memang jago memanjat. Jika memang, Farel diceritakan jago memanjat, seharusnya udah di-tease dari awal.

Debut Karakter yang Tercapai

rumah merah putih Dok. Alinea Pictures

Bagusnya, Ari Sihasale memberikan unsur komedi dan drama secara natural, lewat para karakter yang apa adanya. Kalian bisa merasakan bahagia, lega, bahkan pedih, lewat karakternya.

Debut yang baik untuk para pemeran baru, seperti Petrick Rumlaklak sebagai Farel, dan Amori De Purivicacao sebagai Oscar Lopez. Keduanya tampil natural ala anak-anak NTT dengan kepolosannya. Ditambah, Dicky “Beatbox” Tatipikalawan sebagai Oracio Soares yang menambah keseruan film.

Negara:
Rilis:
Bahasa:Bahasa indonesia
Direksi:

Link Download Rumah Merah Putih (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare