Suporter Masuk Pesantren (2019)

Suporter Masuk Pesantren (2019)

Genre: Drama, Komedi
Kualitas: Tahun: Durasi: 84 MenitDilihat: 95 views

Semenjak film Uang Panai (2016) menembus box office dengan mengumpulkan 500 ribu penonton, geliat sineas lokal Makassar makin terlihat di kancah industri film nasional. Terbukti dengan beberapa film yang diproduksi setelah Uang Panai mampu tayang secara nasional di bioskop-bioskop. Beberapa di antaranya bahkan dibintangi oleh artis papan atas seperti film Namamu Kata Pertamaku yang dibintangi Adipati Dolken.

Terbaru di layar lebar ada film lokal Makassar berjudul Suporter Masuk Pesantren. Film ini menggunakan metode serupa Uang Panai, yakni dikerjakan dan dimainkan oleh sineas setempat.

Kenapa harus Makassar?

Rumah Tujuh Langit

Film dibuka dengan tiga keluarga di masing-masing daerah yang memaksa anaknya untuk masuk pesantren. Mereka adalah Yos pemuda asal Papua, Sultan asal Makassar, dan Dul asal Jakarta. Mereka harus hijrah sementara waktu ke sebuah pesantren di Makassar.

Kenapa harus Makassar yang diambil sebagai latar? Itu nggak pernah dijelaskan dengan baik.

Ya, saya tahu film ini dikerjakan oleh sineas Makassar. Tapi dalam cerita film, penulis skenario tetap harus memberi alasan kenapa para tokoh harus mondok (baca: menimba ilmu) di Makassar. Barangkali hanya Sultan yang diberikan cukup motivasi. Sementara karakter lainnya hanya mendapat paksaan orangtua mereka, sama halnya seperti film ini yang memaksa saya untuk menerima kepergian mereka ke Makassar tanpa alasan jelas.

Setiba di sana, mereka menjalin persahabatan dengan Aso, pemuda lokal yang gemar menonton sepak bola. Kegemaran Aso terhenti tatkala ia masuk pesantren. Dengan aturan yang ketat, tentu Aso nggak bisa lagi sesuka hati menonton klub kesayangannya bermain di stadion.

Lalu apa hubungan Aso dengan ketiga sahabatnya itu? Apakah mereka juga sama-sama suporter sepakbola yang senasib dengan Aso? Jawabannya: tidak! Sedari awal karaterisasi para tokoh utama nggak dijelaskan. Hanya Dul yang diperlihatkan sebagai suporter sepakbola.

Link Download Suporter Masuk Pesantren (2019):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare