Swing Kids (2018)

Swing Kids (2018)

Kualitas: Tahun: Durasi: 133 MenitDilihat: 27 views
19 voting, rata-rata 8,3 dari 10

Tidak seperti kebanyakan film Korea yang identik dengan drama percintaan, Swing Kids hadir dengan memberikan warna baru di awal tahun 2019 ini. Diadaptasi dari sebuah karya musikal Korea yang ditulis oleh Jang Woo Sung dengan judul ‘Roh Ki Soo’, film Swing Kids sukses menarik perhatian dengan tampil berbeda dari drama biasa. Penasaran seperti apa filmnya? Berikut ulasan atau review Swing Kids.

Sebuah pembukaan menarik disajikan di awal film. Swing Kids menceritakan sejarah perang Korea dan latar belakang kamp penjara di kota Geoje pada tahun 1951. Hal yang paling menonjol dari kamp tersebut adalah kehadiran Roh Ki-soo (Do Kyung-soo), seorang tahanan Korea Utara yang tinggal di kamp ini.

Kamp ini dipimpin oleh seorang jenderal Angkatan Darat AS yang ambisius. Dia memberi perintah kepada bawahannya, Sersan Jackson (Jared Grimes), seorang mantan penari Broadway untuk menciptakan suasana kamp jadi lebih cerita dan bukan hanya sekadar tempat untuk tahanan perang.

Berbekal pengalamannya sebagai penari Broadway, Sersan Jackson memilih Roh Ki-soo, seorang penerjemah perempuan bernama Yan Pan Rae (Park Hye Soo), pria Tiongkok (Kim Min Ho), dan seorang anti-komunis (Oh Jung Se) untuk terlibat dalam sebuah grup tari.

Menyatukan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda ini ternyata sangat sulit. Perdebatan-perdebatan kecil pun muncul di antara Jackson, Roh Ki-soo, dan tiga orang lainnnya yang terlibat dalam grup tari ini. Bisakah Roh Ki-Soo menyudahi egonya sendiri? Bagiamana dengan nasib teman-temannya di grup tari tersebut?

Kamu bisa temukan jawabannya di film Swing Kids yang hanya tayang di CGV Cinemas dan Cinemaxx mulai tanggal 9 Januari 2019.

Tap Dancing Sepanjang Film

Source: IMDB 

Belum terlalu familiar dengan Tap Dance? Buat kamu yang ingin tahu seperti apa gerakan tarian yang satu ini, tap dance adalah bentuk tarian yang dilakukan dengan menggunakan sepatu khusus, serta lantai kayu sebagai instrumen perkusi.

Nah, di sepanjang film kamu akan disuguhkan bagaimana Tap Dance diperagakan oleh para pemerannya.

Karakter Roh Ki-soo yang diperankan oleh Do Kyung-soo, mampu memukau penonton dengan aksi tap dancing yang ia lakukan di sepanjang film. Ia mampu keluar dari zona nyamannya menari lagu-lagu pop dengan tarian-tarian modern dan berganti dengan gerakan tap dancing. 

Hampir setiap gerakannya nyaris sempurna sehingga penonton seperti diajak menyaksikan drama musikal. Tidak hanya itu,  Jared Grimes yang memerankan Sersan Jackson juga tampil mencuri  perhatian penonton. Latar belakangnya yang memang merupakan penari Broadway menjadikan “duelnya” Do Kyung-soo jadi terasa sangat menyenangkan untuk ditonton.

Konflik Masa Perang

Source: IMDB

Film ini tidak hanya menyuguhkan tarian-tarian saja. Namun, di sepanjang cerita Swing Kids menyelipkan beberapa konflik yang cukup menguras emosi. Beberapa cerita kelam seperti korban perang adalah salah satunya.

Selain itu, sutradara film juga mampu meramu konflik masing-masing karakter di dalam filmnya dengan cukup meyakinkan.  Yan Pan Rae yang sulit mencari nafkah hanya karena dia adalah seorang perempuan. Hingga isu rasisme yang sangat tinggi kepada Sersan Jackson hanya karena dia berkulit hitam. Oh Jung Se yang dilupakan istrinya karena terlalu lama berada di medan perang.

Pertentangan batin juga dirasakan oleh Roh Ki-soo yang didapuk sebagai pemeran utama. Melalui karakter Roh Ki-soo diceritakan bagaimana sebuah ironi pilihan terasa begitu menyesakkan. Roh Ki-soo yang menganut paham komunis harus berhadapan dengan dengan realita agar bisa menjadi penari hebat.

Semuanya itu, harus ia lakukan untuk melepaskan mimpinya sendiri.

Akhir yang Menyentuh

Source: IMDB

Selipan konflik yang ditata dengan baik di sepanjang film masih akan ditambahkan lagi menjelang bagian akhirnya. Konflik yang begitu besar dari masing-masing karakter memuncah mereka menari bersama-sama. Sang sutradara Kang Hyun Cheol menambah lagi konflik dengan sebuah hantaman yang mampu menarik emosi penonton.

Porsi yang menyentuh ditambah dengan beberapa adegan komedi yang segar menjadikan film Swing Kids, sebagai salah satu film Korea yang wajib kamu tonton.

Link Download Swing Kids (2018):
720p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
480p: Google Drive | Racaty | Zippyshare | Mirror
360p: Google Drive | Zippyshare